Membaca tetap lebih baik dari menonton video

Di era sekarang, dimana teknologi sudah sangat maju. mau apa tinggal 'klik' saja. sangat mudah memang. namun ada saja kelebihan dan kekurangan dari setiap teknologi. di jaman sekarang orang lebih senang menonton video dari pada membaca. alasanya tentu saja mungkin ada yang merasa lebih mudah, karena tinggal menonton saja. 

tanpa kita sadari ketika menonton video sebenarnya kita harus benar-benar memahami isi video tersebut. jangan hanya setengah bahkan di skip. karena nanti akan timbul pemahaman berbeda dari video yang kita tonton, ketika hanya menonton setengah atau di skip-skip.

Berbeda ketika kita membaca. Ketika kita membaca artikel otak kita akan secara tidak langsung menggambarkannya. Ketika membaca kalimat, Anda secara otomatis memunculkan gambar objek dalam pikiran Anda.Selain itu setiap kata yang diucapkan membuat otak bekerja.Ketika Anda menceritakan sebuah cerita, tidak hanya bagian pengolahan bahasa otak Anda yang aktif, tapi bagian pengalaman otak Anda menjadi hidup juga. 

Sehingga ketika menemukan sebuah kesalahan atau hal berbeda dalam suatu artikel, otak kita pasti akan langsung merespon. dan kita pasti akan berkata, "ini koq gini" atau "koq sperti ini". kita jadi akan lebih mudah memahami isi dari sebuah artikel, puisi, atau cerita. berbeda jika kita hanya menonton video saja. pasti akan banyak gangguan dalam memahami video. entah itu benda bergerak, atau suara lain dalam video. 

Nah buat temen-temen yang senang belajar dengan menonton video, pastikan menonton dengan benar agar tidak terjadi kekeliruan dalam memahani. dan jangan lupa membaca, karena dengan membaca membuat otak kita lebih berolahraga.

No comments:

Post a Comment

Ada apa dengan aplikasi mobile JKN??

 Aplikasi mobile JKN yang sebelumnya sudah cukup membantu dalam kepengurusan kesehatan, mendadak menjadi sangat tidak efektif. Hal ini keban...